Nutrisi Untuk Kulit Sehat

01 April 2016 | 11:04




Kulit yang sehat dan cantik merupakan kulit yang diidamkan oleh semua orang apalagi bagi wanita. Banyak cara yang dilakukan oleh wanita agar mendapatkan kulit cantik dan sehat termasuk menggunakan produk-produk perawatan kulit.

Namun, banyak wanita tidak menyadari jika kulit cantik dan sehat itu sangat dipengaruhi oleh jenis makanan kita. Shona Wilkinson, kepala ahli gizi di www.NutriCentre.com, mengatakan: “Banyak orang tidak memperdulikan hubungan antara makanan yang mereka makan dengan kulit mereka. “Tapi, seperti bagian lain dari tubuh, kulit kita tetap sehat dengan makanan dan nutrisi yang kita konsumsi. “Pola makan yang buruk dapat dengan cepat menyebabkan kulit pucat atau kulit kering, noda atau jerawat, 

Berikut merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi kulit : 

1. Sayuran Orange

Sayuran seperti wortel, labu dan ubi jalar mengandung beta karoten dengan kadar yang sangat tinggi dan karotenoid lainnya yang memberi warna oranye. Beta karoten dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk integritas kulit. Beta karoten juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel dari bahaya radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan.

2. Berries 

Termasuk blueberry dan raspberry kaya akan vitamin C, yang sangat penting untuk pembentukan kolagen, zat yang membentuk struktur dan elastisitas kulit. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Berries juga mengandung banyak nutrisi tanaman lainnya yang dapat bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh, seperti quercetin, catechin dan resveratrol. Keuntungan lain dari berries adalah rendah gula. Diet tinggi makanan manis dapat mempercepat penuaan kulit.

3. Minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang memainkan peran penting dalam struktur dan penampilan kulit. Omega 3 masuk ke dalam membran sel di epidermis, lapisan terluar dari sel-sel di kulit, dan membantu mempertahankan fungsi penghalang kulit dan mencegah hilangnya kelembaban. Omega 3 juga diduga memiliki peran dalam dermis, lapisan bawah kulit, dengan mengendalikan peradangan dan meminimalkan kerusakan kolagen dari sinar UV. 

4. Alpukat 

Alpukat bagus untuk meningkatkan kadar vitamin E dalam diet Anda. Seperti kerja vitamin C, vitamin E juga bekerja sebagai antioksidan, dan melindungi sel-sel kulit terhadap kerusakan dari radikal bebas. Alpukat merupakan sumber yang baik dari vitamin E, yang membantu melindungi kulit dari sinar UV, dan memiliki aktivitas anti-inflamasi di kulit seperti ruam kulit dan jerawat. sumber : Dailymail

Nutrisi/zat gizi ternyata sangat menentukan kualitas kesehatan kulit, kulit yang sehat akan memancarkan keindahan. Sudah saatnya perawatan kulit tidak berfokus hanya pada produk-produk perawatan kecantikan yang digunakan pada permukaan kulit saja, tapi juga pada  Nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Suplemen adalah jawaban praktis untuk hal tersebut. Suplemen seperti Vitayang Omega-3, Vitayang Pureway-C dan Supergreen Food (SGF) yang mengandung vitamin E. Kandungan ketiga suplemen sangat tepat untuk nutrisi bagi kulit. Sertai dengan pola makan yang sehat dan hindari maknan-makanan yang mengandung bahan kimi tambahan seperti pewarna, pegawet dll.