Hobi Makan Junkfood? Potensi Kanker Dapat Menurun

01 February 2020 | 13:14




Lebih baik menghindari makan junk food, mungkin itu kata yang tepat, karena ternyata, junk food menurunkan sel-sel kanker dari generasi ke generasi. Penemuan menarik ini terjadi pada percobaan dengan tikus hamil yang diberi makan lemak jenuh. Hasilnya anak dan cucu mereka sama-sama terbukti mengalami kanker payudara.

Walaupun anak dari generasi pertama kondisinya sehat, namun risiko kanker dapat terjadi pada generasi ke tiga. Menurut para peneliti dari New zScientist, ”Diet lemak dapat menyebabkan modifikasi DNA epigenetik yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya“. Bayangkan saja jika hal ini berlaku bagi manusia yang artinya genetik menjadi salah satu penyebab mengapa riwayat keluarga dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Selama ini dunia medis meyakini bahwa gen tertentu berhubungan dengan peningkatan kanker payudara. Diperkirakan sekitar 20-30% wanita yang terkena kanker memiliki riwayat keluarga yang sebelumnya menderita kanker payudara. Penelitian ini disampaikan dalam pertemuan ke-101 American Association for Cancer Research 2010 di Washington DC.

Penemuan ini sangat mencengangkan, sebab perubahan DNA dapat melompat hingga dua generasi berikutnya, meskipun orang tua tidak mewarisi perubahan genetik.

Namun, banyak penelitian yang juga menunjukkan bahwa berbagai faktor seperti agen lingkungan, perilaku orang tua, fisiologi ibu, xenobiotik, suplemen gizi dan lain-lain menyebabkan perubahan epigenetik yang bisa diwariskan kepada generasi berikutnya tanpa paparan lanjutan.

Pada wanita, salah satu yang perlu diwaspadai adalah kegemukan/obesitas. Wanita dengan obesitas mempunyai 60% lebih mungkin terkena risiko kanker dan penyakit lain dibandingkan wanita yang mempunyai berat badan ideal. Selain itu juga berisiko melahirkan bayi dengan cacat genetik.

Jika dengan kanker payudara, hubungannya jelas dengan estrogen yang diproduksi dalam jaringan lemak. Makanan cepat saji/junk food/fast food dan juga yang mengandung lemak trans akan meningkatkan obesitas.

Apa yang sebaiknya dilakukan? Cobalah untuk makan makanan organik, alami, tidak mengandung pestisida, menghindari makanan dengan lemak trans, lemak jenuh atau yang mengandung MSG serta gula tinggi fruktosa jagung. Kembalilah ke makanan alami misalnya sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta segar. Sumber : Mercola.

Sebagian besar orang berpikir sulit dan hampir tidak mungkin ada satu  paket makanan yang tergolong organik, alami, tidak mengandung bahan tambahan makanan serta kimia berbahaya, bebas lemak trans, rendah Indeks Glikemik. Namun ternyata sudah ada Vitayang Raw Meal, makanan serbuk sereal yang dapat disajikan secara instan/ simple dan tidak perlu repot untuk memasaknya.

Vitayang Raw Meal merupakan campuran dari 48 jenis bahan makanan alami yang terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, jamur, umbi, rumput laut dll. Diproses dengan tekni Freeze-dried pada suhu minus 30-40OC yang mempertahankan kandungan nutrisi dan fitokimia selayaknya bahan mentahnya. Karena keunggulan inilah sehingga Raw meal efektif sebagai pengganti makanan yang akan memeberikan banyak manfaat seperti Detoksifikasi, pengganti makanan utama yang praktis namun tetap sehat, membantu berbagai program terapi kesehatan seperti diet penurunan berat badan, diet bagi penderita diabetes melitus, kanker hiperlipidemia dll. 

Jangan pernah meremehkan kondisi usus. Hal ini diperkuat dengan banyaknya penelitian yang menghubungkan antara kesehatan usus dengan kondisi kesehatan secara umum. Demikian juga hasil penelitian dari Georgia State University menunjukkan peran flora usus yang sehat dalam memainkan peran membantu mencegah gangguan metabolisme, yang diperkirakan 34% diderita orang dewasa di Amerika.

Jika flora usus yang sehat terganggu, dapat berisiko terhadap peradangan dan pada akhirnya muncullah gangguan kesehatan. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan akan sangat penting untuk menjaga bakteri yang berada di usus berfungsi dengan baik.

Menurut Dr Andrew Gewirtz, profesor dari the Institute for Biomedical Sciences di negara bagian Georgia, cara kerja bakteri ini terbilang rinci. "Selain gangguan metabolisme, flora usus juga dapat menyebabkan penyakit radang kronis seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn.

Menurut American Heart Association, gangguan biasanya terjadi ketika sekelompok faktor risiko metabolik yaitu kadar trigliserida yang tinggi, obesitas bagian abdominal, rendahnya tingkat kolesterol HDL, tekanan darah tinggi dan pembacaan glukosa puasa tinggi dapat saja terjadi bersama-sama. Mereka yang terkena semua itu lebih rentan terhadap stroke, penyakit jantung dan diabetes. Para peneliti itu menjelaskan bahwa bakteri akan membuat jarak tertentu dengan sel-sel epitel. Ketika mikroba usus berubah, bakteri berperilaku lebih agresif dan sangat dekat dengan epitel pelindung. Kemudian zat-zat berbahaya dapat diproduksi dan membahayakan tubuh.

Sebuah hasil penelitian yang baru-baru ini dipublikasi dalam the journal Gastroenterology menyatakan beberapa penyakit peradangan kronis mempengaruhi saluran pencernaan serta berbagai sistem organ lainnya, yang berhubungan dengan perubahan dalam komposisi mikrobiota usus, menunjukkan keterlibatan mikrobiota dalam segala gangguan ini. Selain itu perilaku yang dapat menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi seperti diet yang tidak tepat atau stres kronis, juga berpengaruh terhadap kondisi flora normal usus.

Dua orang penulis buku “Why Stomach Acid is Good For You: Natural Relief from Heartburn, Indigestion, Reflux & GERD” yaitu Jonathan Wright, MD, and Lane Lenard, PhD mengemukakan untuk menyehatkan kondisi usus, sebaiknya dihindari penggunaan obat yang terlalu berlebihan di kalangan masyarakat, karena sangat berbahaya bagi sistem pencernaannya.

Banyak sekali orang ketagihan untuk minum obat misalnya antasida tanpa mempertimbangkan fakta kalau hal itu sebenarnya dapat merusak sistem pencernaan, mengganggu bakteri sehat di usus, dapat menyebabkan mereka berubah lebih dari sifat awal. Bakteri sehat membutuhkan gizi yang tidak dirusak. Banyak faktor yang menyebabkan mereka berubah menjadi bakteri jahat.

Untuk menjaga flora usus sehat yang dapat memperbaiki kekebalan tubuh dan mengatasi sindrom metabolik seperti penyakit Crohn, sindrom iritasi usus/IBS dan bahkan alergi oleh musim/seasonal allergy, para ahli menyarankan makan diet kaya probiotik, yang sudah ada dalam sistem pencernaan yang normal. Makanan probiotik yang kaya termasuk sauerkraut, yogurt tanpa rasa/plain, kefir, miso, teh kombucha, tempe dan kimchi.

Untuk kesehatan saluran pencernaan, selain suplemen/makanan probiotik, terdapat juga suplemen prebiotik seperti Supergreen Food (SGF) yang baik untuk mejadi “bahan makanan’ bakteri baik sehingga terdapat keseimbangan populasi bakteri baik dan buruk di dalam saluran pencernaan di usus halus dan usus besar. Bukan hanya masalah usus, SGF juga akan membantu mengatasi masalah seputar bagian lambung seperti maag dan tukak lambung. SGF merupakan suplemen alami dari alga chlorella dan spirulina sehingga unggul dalam kandungan seperti Asam amino esensial yang lengkap, 15 jenis Vitamin, 12 jenis mineral dan berbagai zat fitokimia bermanfaat lain seperti PPARs yang sangat penting dalam regenerasi sel-sel tubuh, metabolisme zat gizi sehingga lebih optimal manfaatnya bagi kesehatan. Konsumsi secara rutin akan memelihara kesehatan Tubuh Anda.

Modish Modish indonesia Modis indonesia Baju Modis Hijab Modis Gaya Modis atasan Modis beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety indonesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety mama mama indonesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa Jasa Pasang CCTV Jasa Design Rumah Jasa Renovasi Rumah Pasang CCTV DCG Indonesia Design Rumah Renovasi Rumah jasa desain rumah arsitek murah desain rumah